Fakta Seputar Indeks Perdamaian Global 2018

 

Mau Tahu Apa Itu Indeks Perdamaian Global?

 

#1 Pengembang

 

Nama asli dari istilah ini adalah Global Peace Index atau disingkat dengan GPI. GPI ini dikembangkan oleh Institutes for Economics & Peace yang disingkat IEP (dalam bahasa Indonesia disebut Institut Ekonomi dan Perdamaian).

 

 

Lembaga ini merupakan lembaga internasional yang bersifat independen, nonpartisan, dan tidak berorientasi mencari keuntungan. Mereka mendedikasikan diri mereka untuk mengubah focus dunia kepada perdamaian sebagai ukuran kemajuan dan kesejahteraan manusia yang bisa diraih, nyata, dan bernilai positif.

 

IEP bermarkas di Sydney, tapi memiliki kantor di New York, The Hague, Meksiko, dan Brusel. Mereka juga bekerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah di seluruh dunia dalam mengukur dan mengkomunikasikan nilai perdamaian yang ekonomis.

 

#2 Kegunaan

 

GPI ini digunakan untuk menilai tingkat keamanan suatu Negara. Dengan mengetahui tingkat keamanan Negara, kita bisa memutuskan apakah kita akan berkunjung ke Negara tersebut atau tidak.

 

Tahun 2018 IEP telah merilis Negara-negara mana saja yang mengalami peningkatan keamanan di negaranya (71 negara), yang mengalami penurunan (92 negara), dan tidak mengalami perubahan (20 negara).

 

#3 Negara Teraman

 

Berdasarkan laporan IEP Tahun 2018 tentang Indeks Perdamaian Global, ada 13 negara yang termasuk Negara teraman di dunia, yaitu (Full Disclaimer: Anda akan diarahkan ke halaman pengajuan visa jika Anda meng-klik Negara-negara di bawah ini):

 

1.   Islandia. Negara ini tidak mengalami perubahan sejak satu decade terakhir. Islandia masih menempati urutan pertama soal Negara Teraman Di Dunia. Skor yang dimiliki adalah 1.096

 

2.   Selandia Baru. Negara yang masuk wilayah Oceania ini juga tidak mengalami perubahan dan masih menempati posisi kedua sebagai Negara teraman di dunia dengan skor 1.192

 

3.   Austria menempati posisi ketiga dengan skor 1.274 dan ini merupakan raihan terbaik Austria karena berhasil naik satu peringkat.

 

4.   Portugal mengalami penurunan satu peringkat menuju posisi ke-4 karena digeser oleh Austria yang tepat berada satu strip di atasnya.

 

5.   Denmark tidak bergeser di posisi ke-5 dengan raihan poin 1.353

 

6.   Kanada juga tidak bergeser dari posisi ke-6 dengan pion 1.372

 

7.   Republik Ceko juga tidak bergeser dari posisi ke-7 dengan poin 1.381

 

8.   ASEAN wajib bangga karena Singapura berhasil naik 3 peringkat dan menempati posisi ke-8 sebagai Negara teraman di dunia dengan raihan poin 1.382

 

9.   ASIA secara keseluruhan bangga karena perwakilan kita, Jepang, menempati posisi ke-9 dalam daftar Negara teraman di dunia. Raihan ini tidak bagus karena Jepang turun 1 peringkat dan digeser oleh Singapura, wakil dari ASEAN.

 

10.                Irlandia naik 2 peringkat dan berhasil menempati posisi ke-10 sebagai Negara teraman di dunia dengan poin 1.393

 

11.                Posisi ke-11 ditempati oleh Slovenia yang tahun ini turun 1 peringkat dengan poin 1.396

 

12.                Swiss turun 3 peringkat meluncur ke posisi ke-12 dengan poin 1.407

 

13.                Negara teraman terakhir ditempati oleh Australia dengan poin 1.435. Posisi ini turun 1 peringkat.

 

Lalu, Indonesia masuk peringkat berapa?

 

Berdasarkan laporan IEP, Indonesia tahun ini turun 2 peringkat dan menempati urutan 55 dalam daftar Negara teraman di dunia dengan poin 1.853.

 

#4 Negara Paling Tidak Aman

 

Ada terbaik, ada terburuk. Kalau sebelumnya Anda disajikan dengan Negara terbaik di dunia dalam hal tingkat keamanan, maka sekarang Anda akan disajikan Negara mana saja yang termasuk dalam daftar Negara paling tidak aman di dunia versi IEP.

 

Ada 16 negara yang termasuk dalam daftar Negara paling tidak aman di dunia, yaitu Nigeria, Turki, Korea Utara, Pakistan, Ukraina, Sudan, Rusia, Republik Afrika Tengah, Republik Demokrat Kongo, Libya, Yemen, Somalia, Irak, Sudan Selatan, Afganistan, dan Suriah.

 

Negara-negara tersebut masuk dalam daftar Negara tidak aman karena mereka gagal memberikan jaminan keamanan dan keselamatan terhadap warganya, tingginya tingkat criminal, konflik domestic dan internasional, serta isu terorisme.

 

Dari laporan yang dikeluarkan oleh IEP, kawasan Eropa masih mendominasi sebagai kawasan teraman di dunia. Tapi biar bagaimana pun, sebagai pengunjung, kita wajib mempersiapkan diri untuk berkunjung ke Negara yang termasuk aman di dunia.

 

Cara yang bisa kita lakukan agar perjalanan kita aman ke luar negeri, yaitu senantiasa melindungi diri kita dengan doa kepada Allah swt. Cara lainnya adala dengan membeli Asuransi Perjalanan dari perusahaan yang punya kredebilitas yang baik di mata internasional.

 

Tulisan ini diperbarui pada Ahad, 26 Agustus 2018 dan dimulai dari poin #5 di bawah ini.

 

#5 Zona Schengen Mendominasi

 

Dari ke-13 negara-negara yang masuk dalam daftar Negara teraman di dunia, Negara-negara yang termasuk zona Schengen mendominasi. Sedikitnya adal 7 negara zona Schengen masuk dalam daftar Negara teraman di dunia. Mereka adalah Islandia, Austria, Portugal, Denmark, Republik Ceko, Slovenia, dan Swiss.

 

Ini berarti bahwa kalau Anda ingin bepergian ke Negara-negara tersebut, Anda hanya cukup mengurus satu visa dari salah satu Negara-negara yang masuk dalam zona Schengen, yaitu Visa Schengen. Karena cukup 1 visa Schengen Anda bisa mengunjungi semua Negara yang masuk zona Schengen, asalkan masa berlaku visa Anda masih valid.

 

#6 Negara-Negara Islam Merana

 

Dari daftar Negara tidak teraman, Negara-negara yang berlabel Islam mendominasi. Yang terbaru adalah Turki. Negara ini sedang diguncang oleh krisis ekonomi hebat yang disebabkan oleh arogansi teroris sejati, Amerika Serikat.

 

Apakah ini berarti dunia Islam akan terpuruk?

 

Tidak! Kita masih punya banyak Negara yang berlabel Islam dan siap membantu Negara-negara Islam lainnya agar bangkit.

 

Demikianlah artikel tentang Fakta Seputar Indeks Perdamaian Global 2018 dibuat dan semoga Anda menyukainya serta bermanfaat.

 

Salam dan sampai jumpa di artikel berikutnya.