Cara Mengurus Visa Turis ke Korea Selatan

 

Annyeong haseyo!

 

Jangan pernah mengaku sebagai K-Pop atau Korean Lovers kalau Anda tidak bisa mengucapkan salam khas dari Korea Selatan di atas. Tapi alangkah lebih sejatinya lagi kalau salam tersebut diucapkan langsung di Negeri Ginseng.

 

 

Korea Selatan memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Bukan hanya kebudayaan yang mereka miliki, tapi juga kemajuan teknologi dan industry hiburannya.

 

Dari sisi hiburan, Korea Selatan telah menjadi magnet tersendiri buat warga internasional, tidak terkecuali Indonesia. Jadi tidak heran kalau banyak anak muda di Indonesia, terutama kaum hawa, mengidolakan para artis Korea, baik yang ada di dunia peran maupun yang ada di dunia tarik suara (K-Pop).

 

Itulah mengapa tidak sedikit warga Negara Indonesia ingin mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan Negeri Ginseng ini. Mereka bahkan belajar bahasa Korea secara otodidak. Dan tidak sedikit yang melakukan kunjungan ke Korea Selatan guna lebih dekat dengan kebudayaannya. Bahkan salah satu customer saya pernah mengajukan permohonan visa turis ke Korea Selatan.

 

Apakah Anda mau berkunjung ke negeri K-Pop? Kalau ya, lanjutkan membaca artikel ini.

 

Ada tiga hal yang harus Anda ketahui sebelum mengurus visa turis ke Korea Selatan, yaitu waktu pengajuan dan pengambilan visa, kategori visa, dan persyaratan dokumen.

 

Waktu Pengajuan dan Pengambilan Visa

 

Berdasarkan informasi yang Admin Angga Travel (anggatravel.com) dapatkan langsung dari Kedutaan Besar Korea Selatan, waktu pengajuan visa hanya bisa dilakukan di jam-jam tertentu, yakni dari pukul 09:00 WIB sampai pukul 11:30 WIB. Sedangkan untuk pengambilan visa bisa dilakukan di siang harinya, yaitu antara pukul 13:30 – 16:30 WIB.

 

Lama proses pembuatan visa memakan waktu 6 hari kerja, dihitung sejak satu hari setelah hari penyerahan dokumen. Misalnya, Anda menyerahkan dokumen Anda pada Senin, maka proses pembuatan visa dimulai pada Selasa dan selesai pada Selasa pekan depan.

 

Catatan: Kalau Anda mengurus visa secara online, maka proses pembuatan visa Anda dihitung satu hari setelah dokumen Anda tiba di Kedutaan.

 

Apakah 6 hari itu sudah fix? Belum tentu. Itu tergantung dari dokumen yang Anda kirim. Kalau dianggap kurang oleh pihak Kedutaan maka Anda wajib mengirim kekurangan dokumen tersebut. Bahkan bisa diadakan wawancara jika diperlukan.

 

Kategori Visa

 

Ada beberapa kategori visa Korea yang harus Anda ketahui. Berdasarkan tujuan kunjungan, visa Korea dibagi menjadi 10, yaitu visa turis/transit, meeting/konferensi, medis, kunjungan bisnis, sekolah/kuliah/pelatihan, kerja, transfer antar-perusahaan/perdagangan/investasi, kunjungan keluarga/kolega/teman, pernikahan, dan diplomatik.

 

Pada artikel kali ini kita hanya focus membahas visa turis.

 

Selain jenis-jenis visa di atas, masih ada lagi kategori visa yang biasanya berlaku untuk satu jenis visa (dalam hal ini visa turis), yaitu frekuensi kunjungan (entry).

 

Ada tiga jenis visa Korea berdasarkan frekuensi kunjungan, yaitu single, multiple, dan double visa. Single visa yaitu visa yang berlaku untuk satu kali kunjungan saja. Masa berlaku single visa ini sampai 3 bulan, dengan maksimal tinggal di Korea hanya 30 hari.

 

Multiple visa yaitu visa yang bisa Anda gunakan untuk berkunjung ke Korea Selatan berkali-kali, dengan masa berlaku sampai 5 tahun.

 

Dan yang terakhir, double visa yaitu visa yang bisa Anda gunakan untuk 2 kali kunjungan ke Korea Selatan, dengan masa berlaku sampai 6 bulan.

 

Persyaratan Dokumen

 

Nah, sekarang kita sudah tiba di bagian akhir dari artikel ini, yaitu Persyaratan Dokumen. Meskipun diterima/ditolaknya pengajuan visa Anda merupakan hak Kedubes Korea, namun Anda wajib berusaha memenuhi semua persyaratan dokumen yang telah ditetapkan oleh Kedubes Korea.

 

Adapun dokumen yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut.

 

1.      Passport

 

Anda harus mengirim paspor asli dan salinannya ke Kedubes atau ke kantor agen travel tempat Anda mengajukan permohonan visa secara online. Mengapa paspor asli? Karena visa Korea yang akan Anda dapatkan nanti akan ditempel di passport Anda.

 

Adapun untuk salinannya dibutuhkan oleh Kedubes sebagai arsip. Yang harus Anda copy adalah halaman identitas Anda, visa/cap imigrasi dari Negara yang pernah Anda kunjungi (jika ada), serta halaman paling belakang/official notes.

 

2.      Formulir Aplikasi Visa

 

Formulir aplikasi visa bisa Anda unduh di website Kedubes Korea Selatan atau kalau mau simple, Anda ajukan permohonan visa secara online disini.

 

Formulir aplikasi visa Korea hanya memiliki satu form/jenis saja. Yang membedakan jenis visa yang Anda mohonkan terletak di bagian Tujuan Kunjungan. Jadi, meskipun Anda ke Korea dalam rangka melakukan perjalanan bisnis, formulir yang Anda isi sama dengan formulir orang yang ingin berwisata ke Korea.

 

Tapi ada hal yang bikin ribet dari formulir aplikasi visa Korea, yaitu bahasa yang digunakan. Ada dua bahasa yang digunakan dalam formulir tersebut, yaitu Bahasa Korea dan Bahasa Inggris.

 

Kalau Anda paham dengan kedua bahasa tersebut atau minimal salah satu saja dari keduanya, maka ini tentu tidak sulit buat Anda. Tapi kalau Anda tidak bisa sama sekali, wah…bisa pusing jadinya. Hehehe…

 

Tapi tenang saja. Sebagai solusinya, Anda tinggal mengajukan visa Korea secara online disini. Biarkan tim visa yang mengisi formulirnya untuk Anda.

 

3.      Pas Foto

 

Pas foto dibutuhkan untuk mengenali wajah Anda. Jadi usahakan pas foto yang Anda kirim adalah yang terbaru. Kalau sekarang Anda brewokan, maka pas foto Anda harus brewokan juga.

 

Pas foto ini nantinya akan ditempel di formulir aplikasi visa. Ukuran yang dipersyaratkan adalah 4x6 cm dengan latar belakang putih. Jumlah yang harus Anda kirim minimal 2 lembar.

 

4.      Surat Keterangan Pekerjaan

 

Bagian ini saya bagi menjadi 4 sub-bagian:

 

a.   Jika Anda seorang karyawan, Anda harus melampirkan Surat Keterangan Kerja dan salinan SIUP tempat Anda bekerja. Anda tinggal minta kepada pimpinan perusahaan atau HRD di kantor Anda.

 

b.   Jika Anda sudah pensiun atau pernah bekerja tapi masih dalam proses mencari pekerjaan yang baru, Anda wajib melampirkan Surat Pengalaman Kerja dari perusahaan sebelumnya atau SK pensiun (bagi yang pensiunan)

 

c.    Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang belum atau tidak memiliki pekerjaan/penghasilan, maka Anda wajib melampirkan Bukti Keuangan suami (lihat bagian 7) dan Surat Keterangan Kerja suami.

 

d.   Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa, Anda wajib melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar dan salinan Kartu Tanda Mahasiswa/Pelajar, serta Bukti Keuangan orangtua (lihat bagian 7).

 

Semua surat keterangan di atas harus diketik dalam bahasa Inggris dan berkop surat.

 

5.      Salinan Dokumen Keluarga

 

Dokumen keluarga yang wajib dilampirkan adalah salinan Kartu Keluarga. Jika Anda sudah berkeluarga, maka Anda juga wajib melampirkan salinan Akta Nikah. Jika Anda membawa serta anak Anda, maka lampirkan juga salinan Akte Kelahiran anak Anda.

 

6.      Salinan Kartu Kependudukan

 

Ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Anda adalah warga Negara Indonesia. Di Indonesia kartu kependudukan dikenal dengan nama e-KTP atau KTP elektronik.

 

Sudah mendapatkan e-KTP, kan? Kalau belum buruan urus sana. Anda tidak bisa mengurus visa kalau Anda tidak punya e-KTP karena syarat untuk mendapatkan paspor adalah harus punya e-KTP.

 

7.      Salinan Bukti Keuangan

 

Ada tiga jenis Bukti Keuangan yang dipersyaratkan oleh Kedubes Korea, yaitu Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21), Rekening Koran Tabungan untuk 3 bulan terakhir, dan Surat Referensi Bank.

 

Kalau Anda tidak punya SPT Pajak, maka Anda wajib membuat Surat Pernyataan Tidak Memiliki SPT Pajak dan lampirkan slip gaji 3 bulan terakhir.

 

Untuk rekening Koran dan referensi bank, silakan datangi bank tempat Anda menabung dan ajukan perihal ini. Biasanya Anda akan disuruh membuat surat permohonan mengenai bukti keuangan ini.

 

Nah, kalau semua dokumen di atas sudah lengkap, tinggal dikirm deh ke Kedubes Korea Selatan yang ada di Jakarta. Tapi kalau Anda menggunakan jasa Agen Travel Online, dokumen tersebut harus dikirim ke kantor perwakilan Agen di Jakarta. Nanti perwakilan mereka yang mengantarkannya untuk Anda ke Kedubes Korea Selatan.

 

Demikianlah artikel Cara Mengurus Visa Turis ke Korea Selatan kami buat. Mudah-mudahan bermanfaat buat Anda yang Korena Lovers atau travelers.

 

Sampai jumpa di artikel berikutnya.